Indonesia merupakan negara dengan tingkat sosial yang
tinggi bahkan juru bicara bisnis WhatsApp, Neeraj Aaron sempat mengatakan bahwa
masyarakat Indonesia sangat suka ’ngobrol.’ Makanya tidak heran jika banyak
penduduk Indonesia yang menggunakan platform media sosial. Salah satu media
sosial dengan pengguna terbanyak dan yang sudah tidak asing lagi adalah Facebook.
Berikut adalah lima fakta menarik tentang keberadaan Facebook di Indonesia.
1.
Ada lebih
dari 70 juta pengguna Facebook di Indonesia
Dengan lebih dari 70 juta pengguna, Indonesia
berhasil menjadi negara pengguna Facebook terbanyak keempat berdasarkan analisa
dari SocialBakers. Dengan rata-rata pengguna berusia 18 hingga 34 tahun. Selain
itu, hasil riset dari Sotrender mengungkapkan bahwa 41 juta pengguna Facebook
di Indonesia adalah laki-laki dan 30 juta sisanya adalah perempuan.
2.
Media sosial
global pertama yang membuka kantor di Indonesia
Dengan
jumlah pengguna yang begitu besar, tidak mengherankan jika Facebook membuka
kantor perwakilannya di Indonesia. Dibuka pada bulan Maret lalu, kantor
Facebook berlokasi di mall Pacific Place, Jakarta Selatan. Menariknya, Facebook
merupakan media sosial [non-lokal] pertama yang membuka kantor di Indonesia.
Disusul oleh Twitter dan Path yang tampaknya juga akan membuka kantor di
Indonesia. Selain itu, apabila Anda tertarik, kantor Facebook kini sedang
mencari Account Management
3.
Pendiri Facebook
datang ke Indonesia
Minggu lalu
(12/10), Mark Zuckerberg datang ke Indonesia untuk menghadiri acara
internet.org. Selain sebagai misi sosial untuk membantu negara berkembang
mendapatkan akses internet yang lebih baik dan cepat, secara tidak langsung
internet.org juga digunakan untuk mengembangkan pasar Facebook kedepannya.
Apalagi melihat potensi di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250
juta, bukan hal yang mustahil jika misi itu berjalan lancar.
4.
Facebook
sebagai marketplace
Pengguna
Facebook di Indonesia bisa dibilang cukup unik. Pasalnya tidak hanya sebagai
media sosial, pengguna di Indonesia juga memanfaatkan Facebook sebagai media
jual beli. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Vice President Facebook
Asia-Pacific, Dan Neary, dalam wawancara dengan Tempo pada bulan Maret silam.
Ia mengatakan bahwa banyak pengusaha kecil dan menengah memanfaatkan Facebook
sebagai alat promosi produk mereka. Selain itu, beberapa startup lokal juga
telah mengidentifikasi potensi ini dengan menyediakan layanan pembuatan toko
online di Facebook. Beberapa di antaranya seperti Toko FBku, Laku Banget, dan
Onigi.
5.
Facebook membantu
Jokowi menjadi presiden?
Ya, dunia
politik pun tidak luput dari jangkauan Facebook. Hal ini terjadi saat pemilihan
presiden 2014 yang berhasil dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf
Kalla. Jokowi memanfaatkan Facebook untuk berkampanye dan berkomunikasi dengan
para pendukungnya. Bahkan artis luar negeri yakni Matt Hars, gitaris Akarna,
juga ikut mem-posting dukungan terhadap Jokowi di fan page milik-ya dan mendapat
141.840 like. Tindakan tersebut juga dipuji Mark Zuckerberg saat berkunjung ke
Indonesia. Ia menyatakan bahwa “Jokowi merupakan contoh yang baik dalam
mengampanyekan diri melalui internet.” Tidak hanya berhenti sampai disitu, hari
ini (20/10) saat dilantik menjadi presiden ketujuh pun, Jokowi menjadi trending
topic di media sosial.
(Sumber; http://id.techinasia.com/daftar-fakta-facebook-indonesia/)
0 komentar:
Posting Komentar