Post views: counter

Senin, 29 Desember 2014

5 fakta menarik tentang Facebook di Indonesia





Indonesia merupakan negara dengan tingkat sosial yang tinggi bahkan juru bicara bisnis WhatsApp, Neeraj Aaron sempat mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat suka ’ngobrol.’ Makanya tidak heran jika banyak penduduk Indonesia yang menggunakan platform media sosial. Salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak dan yang sudah tidak asing lagi adalah Facebook. Berikut adalah lima fakta menarik tentang keberadaan Facebook di Indonesia.
1.             Ada lebih dari 70 juta pengguna Facebook di Indonesia

 Dengan lebih dari 70 juta pengguna, Indonesia berhasil menjadi negara pengguna Facebook terbanyak keempat berdasarkan analisa dari SocialBakers. Dengan rata-rata pengguna berusia 18 hingga 34 tahun. Selain itu, hasil riset dari Sotrender mengungkapkan bahwa 41 juta pengguna Facebook di Indonesia adalah laki-laki dan 30 juta sisanya adalah perempuan.
2.             Media sosial global pertama yang membuka kantor di Indonesia

Dengan jumlah pengguna yang begitu besar, tidak mengherankan jika Facebook membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Dibuka pada bulan Maret lalu, kantor Facebook berlokasi di mall Pacific Place, Jakarta Selatan. Menariknya, Facebook merupakan media sosial [non-lokal] pertama yang membuka kantor di Indonesia. Disusul oleh Twitter dan Path yang tampaknya juga akan membuka kantor di Indonesia. Selain itu, apabila Anda tertarik, kantor Facebook kini sedang mencari Account Management
3.             Pendiri Facebook datang ke Indonesia 

Minggu lalu (12/10), Mark Zuckerberg datang ke Indonesia untuk menghadiri acara internet.org. Selain sebagai misi sosial untuk membantu negara berkembang mendapatkan akses internet yang lebih baik dan cepat, secara tidak langsung internet.org juga digunakan untuk mengembangkan pasar Facebook kedepannya. Apalagi melihat potensi di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta, bukan hal yang mustahil jika misi itu berjalan lancar.
4.             Facebook sebagai marketplace 

Pengguna Facebook di Indonesia bisa dibilang cukup unik. Pasalnya tidak hanya sebagai media sosial, pengguna di Indonesia juga memanfaatkan Facebook sebagai media jual beli. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Vice President Facebook Asia-Pacific, Dan Neary, dalam wawancara dengan Tempo pada bulan Maret silam. Ia mengatakan bahwa banyak pengusaha kecil dan menengah memanfaatkan Facebook sebagai alat promosi produk mereka. Selain itu, beberapa startup lokal juga telah mengidentifikasi potensi ini dengan menyediakan layanan pembuatan toko online di Facebook. Beberapa di antaranya seperti Toko FBku, Laku Banget, dan Onigi.
5.             Facebook membantu Jokowi menjadi presiden?
Ya, dunia politik pun tidak luput dari jangkauan Facebook. Hal ini terjadi saat pemilihan presiden 2014 yang berhasil dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Jokowi memanfaatkan Facebook untuk berkampanye dan berkomunikasi dengan para pendukungnya. Bahkan artis luar negeri yakni Matt Hars, gitaris Akarna, juga ikut mem-posting dukungan terhadap Jokowi di fan page milik-ya dan mendapat 141.840 like. Tindakan tersebut juga dipuji Mark Zuckerberg saat berkunjung ke Indonesia. Ia menyatakan bahwa “Jokowi merupakan contoh yang baik dalam mengampanyekan diri melalui internet.” Tidak hanya berhenti sampai disitu, hari ini (20/10) saat dilantik menjadi presiden ketujuh pun, Jokowi menjadi trending topic di media sosial.
 
(Sumber; http://id.techinasia.com/daftar-fakta-facebook-indonesia/)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter

Featured Post 3

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support