Post views: counter

Jumat, 30 Januari 2015

DIIMINGI DIBERIKAN SEORANG GADIS, IA RELA MEMBUNUH SEPUPU KANDUNGNYA



BIADAB!!! Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan aksi dari Gaspar Molan. Bagaimana tidak hanya karena diiming - imingi diberikan seorang gadis untuk dinikahi, ia rela membunuh sepupu kandungnya, Linus Notan. Bahwa kalau rahasia ini tidak terbongkar maka Stefanus Lodan menyiapkan satu gadis, gratis, untuk dinikahi Gaspar Molan.

Dalam keterangan yang disampaikan kepada penyidik dan saat dikonfrontir, Molan menceritakan bahwa dirinya bersama kelima orang saksi tersebut bersama di TKP untuk menghabisi nyawa Linus Notan. Gaspar Molan  merupakan saksi turut serta yang saat ini sedang mengamankan diri di Polres Lembata menyebut lima nama lain.

“Mereka lima orang itu adalah Stef Lodan, Elias Laran, Lori Lodan, Feliks dan Payong Lela,” ungkap Molan.

Lebih lanjut Molan mengungkapkan dirinya juga menerima dua pesan dari Payong Lela tanggal 2 September 2014, pertama, Stef Lodan mengirim pesan kepada Gaspar Molan melalui Yoseph Payong Lela bahwa Gaspar Molan bersama sama dengan mereka untuk menghabisi Linus Notan. Kedua, apabila rahasia untuk menghabisi Linus Notan ini terbongkar maka ancaman bagi keluarga dan anak anak Gaspar Molan.

“Payong lela datang dan memberitahukan pesan dari Stefanus Lodan. Ada dua pesan yang disampaikan. Pertama saya menjadi kaki tangan untuk membunuh Linus Notan. Kedua rahasia ini jangan sampai terbongkar. Kalau terbongkar ancaman untuk anak anak saya dan keluarga saya. Saya bertanya dendam dengan Linus apa ? Payong Lela menjawab dendam soal urusan tanggal 31 Agustus 2014. Saya juga bertanya soal imbalan. Bahwa kalau rahasia ini tidak terbongkar maka Stefanus Lodan menyiapkan satu gadis untuk saya nikahi,” ungkap Gaspar Molan.

Rabu, 28 Januari 2014, Setelah polisi melakukan pemeriksaan terhadap Monika Kewa, penyidik lalu mengambil keterangan Sebastianus Seru, Gaspar Molan dan Ketiga terduga yakni Feliks Sele, Yoseph Payong Lela dan Laurensius Laba juga saksi lain Monika Kewa.

Mereka dikonfrontir secara marathon sejak Pkl. 18.00 sampai Pkl.23.30. Lori Lodan dihadapan Polisi mengatakan bahwa dirinya saat ditemukan mayat Linus Notan, tanggal 3 September 2014, dirinya berada di rumah.

Sementara itu Feliks Laba mengungkapkan dia tidak terlibat karena hari itu, sejak pagi dia membeli ikan Lampara di pesisir Pantai Jontona.

Pantauan WEEKLYLINE.NET, keterangan Gaspar Molan ini tidak pernah berubah dan disampaikan sejak pemeriksaan oleh Penyidik Polres Lembata, bulan Oktober 2014 sampai dengan 28 Januari 2014.

Bahkan, keterangan Gaspar Molan ini sudah dikonfrontir bersama para terduga yang disebutkan. Pemeriksaan konfrontir pertama dilakukan diruangan Riksa III-IV, 24 Oktober 2014 Polres Lembata oleh Lazarus Lit Raya bersama terduga Stef Lodan, Elias Laran, Yoseph Payong Lela dan Feliks Sele, tanpa dihadiri oleh satu terduga lain, Laurensius Laba karena sedang diperiksa di ruangan lain oleh penyidik Syamsuddin.

Pada pemeriksaan konfrontir itu, Gaspar Molan diminta penyidik untuk memperagakan peran masing masing pelaku saat di TKP sembari memastikan bahwa terduga yang hadir pada saat itu adalah benar benar mereka yang bersama sama dengan Gaspar Molan di TKP, tanggal 3 September 2014.

Pemeriksaan konfrontir itu juga disaksikan oleh Aloysius Bagasi, salah seorang anak terduga Stefanus Lodan. Sementara WEEKLYLINE.NET bersama salah seorang keluarga, Hendrikus Hore ikut menyaksikan di depan pintu ruangan pemeriksaan. Molan memperagakan peran para terduga dan Sebastinus Seru sebagai korban.

Pemeriksaan konfrontir kedua dilakukan 28 Januari 2014 di ruangan Kasat Reskrim Polres Lembata, Arief Sadikin. Akan tetapi pemeriksaan konfrontir kedua ini hanya dihadiri oleh Yoseph Payong Lela, Feliks Sele dan Laurensius Laba juga Monika Kewa dan Sebastinus Seru. Sedangkan Stefanus Lodan dan Elias Laran belum dipanggil.

Akan tetapi baik pemeriksaan konfrotir pertama maupun konfrontir kedua semua terduga membantah seluruh keterangan para saksi. (WEEKLYLINE.NET/sandrowangak)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter

Featured Post 3

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support